Fri08292014

Last update10:33:03 AM

MENKOMINFO BAGIKAN MOBIL INTERNET

DIPONEGORO, (GM)- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Simbiring secara simbolis menyerahkan 6 unit mobil pusat layanan internet kecamatan (MPLIK) ke enam provinsi di Indonesia, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (8/8). Keenam provinsi tersebut yaitu Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Maluku Utara. "MPLIK ini upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan internet, khususnya yang berada di perdesaan. Juga untuk mengantisipasi kesenjangan digital antara pusat dan daerah yang belum merata. MPLIK tersebut dilengkapi satu server, 6 unit laptop, alat komunikasi, dan satu televisi. Nantinya, mobil ini berkeliling mengunjungi masyarakat di setiap kecamatan," ungkap Tifatul kepada wartawan, kemarin.


Tahun ini, jumlah MPLIK yang akan diserahkan ke kabupaten/kota sebanyak 1.907 unit dengan jenis mobil minibus Isuzu Elf mikrobus seharga Rp 400 juta hingga Rp 500 juta/unit. Sementara jumlah total kecamatan mencapai 5.748. Seluruh kecamatan akan mendapat layanan internet mobile ini secara bertahap sesuai kemampuan keuangan.


Selama 48 bulan ini, operasional MPLIK didanai Kementerian Kominfo. Setelah itu operasionalnya dikelola ke kabupaten/kota. Untuk jadwal operasionalnya pun yang akan mengatur pemerintah kabupaten/kota bersangkutan.


"Dengan MPLIK ini nantinya masyarakat bisa mengakses internet dengan gratis. Nanti dikelola kabupaten/kota masing-masing. Dan saya minta jika nanti harus bayar pun maka operator internetnya jangan mematok harga terlalu mahal," imbuhnya.


Sementara Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan menyambut baik peluncuran MPLIK di wilayah Jabar yang menjadi salah satu provinsi penerima. Pengadaan MPLIK ini memiki nilai strategis, apalagi Jabar telah mencanangkan cyber province.
"Diharapkan dengan MPLIK ini menjadi informasi yang diterima masyarakat, bisa berimbang dengan yang didapat masyarakat di perkotaan. MPLIK ini pun upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya. (B.96/nda.job)
Sumber: Harian Galamedia - Selasa, 09 Agustus 2011

AddThis Social Bookmark Button