Thu07242014

Last update12:58:32 PM

Penerimaan Siswa Baru, Disdik Gandeng Kecamatan

Karawang - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggandeng pemerintahan kecamatan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Ke depan, kecamatan diharuskan memiliki data calon siswa baru. Nantinya, data tersebut disinkronkan dengan jumlah daya tampung sekolah.

 

Kepala Disdikpora Karawang Agus Supriatman mengatakan selama ini minat sekolah di Karawang cukup tinggi, namun daya tampung sekolah masih terbatas. Sehingga, setiap tahunnya ratusan siswa berbagai tingkatkan terpaksa tidak diterima sekolah sebab jumlah pendaftar melebihi kuota kursi. "Dengan cara menggandeng pemerintahan kecamatan ini, diharapkan bisa mengatasi persoalan minimnya daya tampung," kata Agus, Kamis (31/5/2012).

Menurut Agus, agar tahun ajaran baru nanti tak terjadi hal yang sama lagi, maka sejak dini perlu ada penyusunan sejumlah perencanaan. Tentunya, yang berkaitan dengan daya tampung di setiap sekolah negeri maupun swasta. Dengan demikian, lanjut dia, ke depan kecamatan harus memiliki data riil jumlah calon siswa. Merujuk pada data kecamatan itu, akan ada surat keputusan bupati yang mengatur tentang kuota kursi.

Dijelaskan Agus, dengan dilakukannya koordinasi hingga ke tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjamin ketersedian daya tampung sekolah negeri dan swasta. Selain itu, adanya keterjangkauan secara geografis serta menjamin proses, kualitas, kesetaraan dan kepastian bahwa peserta didik dapat memilih jenis, jalur, dan jenjang pendidikan sesuai potensi akademis dan minat bakatnya.

Meski demikian, khusus untuk SMA/SMK RSBI, lanjut Agus, penerimaan dilaksanakan secara online. Peserta didik harus mengikuti tes akademis dan tes minat bakat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi. Program ini seragam di seluruh Jawa Barat.

Terkait dengan daya tampung sekolah, Agus menambahkan, berdasarkan data kecamatan masih bervariasi. Ada yang kelebihan dan ada yang kekurangan daya tampung. Seperti untuk jenjang SMP, jumlah lulusan sebanyak 33.409 siswa. Sedangkan, daya tampung yang disiapkan di sekolah negeri dan swasta sebanyak 896 rombongan belajar atau 33.648 kursi.

Dengan kata lain, jenjang untuk SMP tidak ada masalah. Namun, sering kali orang tua siswa keukeuh ingin anaknya sekolah di negeri. Dia mengatakan pandangan negeri minded ini perlu diubah, karena sekolah di negeri ataupun swasta sama saja. (Asep Mulyana)

Sumber: Inilah Jabar Online - Kamis, 31 Mei 2012

AddThis Social Bookmark Button