Sun07132014

Last update11:55:05 AM

Seragam Khas Kuningan; Bupati Minta Pegawai Kenakan Batik

KUNINGAN – Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda menginstruksikan kepada seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Kuningan wajib mengenakan batik khas Kuningan setiap Kamis. Instruksi itu telah dilayangkan Bupati dalam surat edaran tertanggal 21 Mei 2012.

 

"Kuningan kini sudah mempunyai batik khasnya, dan sudah sepantasnya, sebagai bentuk ungkapan kebanggaan, dikenakan dalam seragam dinas. Saya instruksikan kepada seluruh PNS untuk mengenakan batik khas Kuningan setiap Kamis," kata Aang, kemarin. Dia menjelaskan, motif batik yang nantinya dipakai untuk seragam PNS adalah motif kagungan. Batik kagungan merupakan hasil keputusan Dewan Batik Provinsi Jawa Barat sebagai seragam batik PNS karena corak tersebut memiliki makna dan filosofi gambar khas Kuningan.

"Dalam motif kagungan terdapat sejumlah gambar yang menonjolkan ciri khas Kabupaten Kuningan seperti gambar kuda, bokor Kuningan, ikan dewa, daun, gunung Ciremai dan Gedung Perundingan Linggarjati yang didesain secara apik sehingga terlihat elegan dan berwibawa. Sangat cocok untuk dikenakan oleh PNS," ujar Aang.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kuningan Dian Rahmat Yanuar mengatakan,keberadaan batik kagungan untuk seragam PNS untuk sementara hanya dapat dibeli di Kantor Sekretariat Korpri Kuningan seharga Rp95.000. Meski demikian, ketersediaannya kini masih sangat terbatas.

"Batik kagungan ini adalah batik cap yang dibuat di Pabrik Qomar Cirebon. Untuk sementara kami baru menyediakan 3.000 batik dengan lima pilihan warna yaitu hijau, kuning, hitam, merah, cokelat, dan biru," kata Dian. Dian menargetkan, selama kurun waktu empat bulan ke depan produksi batik kagungan akan terus bertambah sehingga dapat memenuhi permintaan seluruh PNS di Kabupaten Kuningan yang berjumlah sekitar 15.000 orang. "Setelah seluruh PNS mengenakan seragam batik khas Kuningan, diharapkan bisa diikuti oleh sekolah-sekolah untuk menyeragamkan batik khas Kuningan ini kepada para siswanya," kata Dian. (mohamad taufik)

Sumber: Harian Seputar Indonesia - Sabtu, 02 Juni 2012

AddThis Social Bookmark Button