Sat09202014

Last update12:50:46 PM

Kampung Adat Cigumentong Segera Ditata

CIMANGGUNG, (GM) - Plt. Camat Cimanggung, Drs. Heri Juhaeri menyatakan, Kampung Adat Cigumentong di kawasan Hutan Kareumbi, Desa Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang akan ditata oleh Pemkab. Sumedang. Pasalnya kawasan kampung adat tersebut berpotensi wisata. Sehingga harus ditata agar memiliki nilai jual dan dilirik wisatawan.

 

"Pada Jumat (16/3) lalu, Bupati Sumedang, H. Don Murdono mengunjungi kampung tersebut. Tujuannya selain melihat langsung kondisinya, juga sekaligus melakukan promosi wisata," kata Heri ketika dihubungi "GM" di Cimanggung, Senin (19/3). Heri mengaku belum mengetahui anggaran yang akan dikucurkan Pemkab Sumedang untuk menata Kampung Adat Cigumentong tersebut.

"Hanya, kunjungan Pak Bupati Sumedang itu, mungkin arahnya ke sana (penataan). Yang pasti, kampung adat tersebut memang harus segera ditata agar lebih menarik dan ada nilai jualnya," katanya. Berdasarkan pemantauan "GM" beberapa waktu lalu, kawasan tersebut memiliki nilai wisata alam yang dapat menarik perhatian wisatawan. Kampung Adat Cigumentong itu masih melestarikan adat istiadat para leluhur urang Sunda. Rumahnya pun masih terbuat dari kayu dan bambu. Dalam kesehariannya, warga setempat hidup secara tradisional dari hasil alam atau pertanian. Namun untuk akses ekonomi, mereka biasanya pergi ke Desa Tegalmanggung, Desa Cimanggung, dan Desa Sindangpakuon atau Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung.

Bupati Sumedang, H. Don Murdono melakukan kunjungan ke Kampung Adat Cigumentong, Jumat (16/3) dengan didampingi jajaran SKPD, aparat kecamatan, aparat desa, dan warga setempat. Don disambut hangat oleh sejumlah pengelola kampung adat, di antaranya Jai, sebagai kokolot kampung. Pada kesempatan itu, Jai menyerahkan proposal berisi harapan agar pemerintah menata kampung adat tersebut. Pada kesempatan yang sama, Don juga mengatakan, pihaknya akan berusaha melakukan penataan. Namun ia tidak menyebutkan kapan penataan akan dimulai dan berapa anggarannya. Yang pasti, dalam waktu dekat Pemkab Sumedang akan segera menata Kampung Adat Cigumentong. (B.105)

Sumber: Harian Galamedia - Selasa, 20 Maret 2012

AddThis Social Bookmark Button