Mon12222014

Last update07:25:14 PM

Lintas Jabar

Jawa Barat Gandeng TNI Tertibkan Tambang Ilegal

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menertibkan penambangan pasir ilegal untuk mencegah penjualan pasir uruk dalam skala besar. Pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) di Jakarta yang membutuhkan pasir uruk dikhawatirkan memicu penambangan pasir besar-besaran di wilayahnya. "Salah satu sumber pasir dan batuan uruk untuk proyek tanggul besar di Jakarta itu diambil dari penambangan di Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Senin, 13 Oktober 2014.

Read more...

Wartawan Foto Bandung Menjaga Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi salah satu foto yang dipamerkan pada pembukaan pameran foto "'Menjaga Citanim Bersama" di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Selasa (9/9/2014). Pameran karya Wartawan Foto Bandung itu berlangsung hingga 16 September 2014

PR- Air menjadi kebutuhan utama kehidupan. Jika krisis air terjadi, kehidupan akan mati lebih cepat. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada pembukaan pameran foto Wartawan Foto Bandung (WFB) yang bertema "Menjaga Citarum Bersama" di Gedung Indonesia Menggugat Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung, Selasa (9/9/2014). Heryawan memberikan apresiasi pada pameran foto tersebut karena WFB mengangkat tema lingkungan. Menurut Heryawan, krisis air bisa lebih parah dibandingkan dengan krisis pangan. Tiga hari tanpa air manusia mati. "Melalui pameran ini, saya berharap bisa mengampanyekan kesadaran untuk mengelola Citarum," kata Heryawan.

Read more...

Presiden Tanam Pohon

Ajak Masyarakat Kuningan Jadi Pelopor Penyeiamat Lingkungan
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat Kabupaten Kuningan menjadi pelopor penyelamatan lingkungan. Seruan itu disampaikan saat berkunjung dan memimpin penanaman bibit pohon tambahan di hutan kota kompleks Kuningan Islamic Center, Jalan Soekarno, Kabupaten Kuningan, Selasa (4/2/2014). ”Mari kita menanam bersama-sama. Tiada hari tanpa menanam dan memelihara pohon. Sampaikan salam saya kepada semua saudarasaudara kita yang ada di Kuningan. Teruslah menjadi pelopor dan memberikan contoh untuk penyelamatan lingkungan dan bumi kita,” ujarnya.

Read more...

Kodam III/SLW Dukung Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu

BANDUNG- Komando Daerah Militer III/Siliwangi, sebagai aparat negara yang juga mempunyai tanggung- jawab menegakkan keamanan dan juga mewujudkan kondusifitas masyarakat di wilayah Jawa Barat, turut mendukung ditandatanginya Nota Kesepahaman antara Pemerintah Jawa Barat, Polda Jabar dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu di Wilayah Jawa Barat.

Read more...

Gubernur Paparkan Penanganan Terpadu Citarum ke Ani Yudhoyono

CIANJUR - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melaporkan rencana penanganan terpadu kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum ke Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono. Gubernur Heryawan menyampaikan hal itu saat menyampaikan sambutan pada acara puncak Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) yang digelar di Desa Pakuwon, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Senin, 2 Desember 2013. Selain Ibu Negara, hadir pula Herawati Boediono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumilar, serta kalangan aktivis perempuan dan lingkungan.

Read more...

Pemprov akan Beli Lahan di Hulu Citarum

Pemprov Jawa Barat berniat membeli lahan di kawasan hulu Sungai Citarum, sebagai upaya menyelamatkan mata air. Saat ini, ratusan mata air di sana terancam pencemaran limbah.

Read more...

Heryawan Gulirkan Bantuan Hibah Truk dan Motor Pengangkut Sampah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta semua pihak lebih peduli menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya terkait dengan pengelolaan sampah. Bahkan dirinya mengingatkan bahwa kesehatan diri dimulai dengan menjaga kesehatan lingkungan. Hal itu dinyatakan Heryawan saat memberikan bantuan hibah truk kompaktor dan kendaraan roda tiga angkutan sampah bagi Kota Bandung dan Kota Cimahi, Kamis (7/11) di Acara Apel Pagi di Halaman Balaikota Bandung.

Read more...

Pemprov Semprit Perusak Lingkungan

Tak hanya pasir besi, pemprov juga akan tegas pada pengusaha yang mencemari Sungai Citarum.

BANDUNG — Pemprov Jabar kian gencar menegakkan hukum terkait pelanggaran lingkungan. Salah satu aturan yang sedang gencar ditegakan adalah izin penambangan pasir besi. Kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir besi ini sudah tergolong kejahatan lingkungan. "Jadi, pengusahanya harus diingatkan terus menerus. Kami tegas pokoknya," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kamis (20/2).

Read more...

Pemprov Bangun Dua Tempat Evakuasi Tsunami

BANDUNG - Pemprov Jabar berencana membangun dua tempat evakuasi sementara untuk bencana tsunami. Rencananya, pembangunan dipusatkan di dua witayah yang memitiki risiko tsunami cukup tinggi yakni Palabuhanratu dan Pangandaran. Menurut Kepata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar Udjwatprana pembangunan tempat evakuasi sementara tsunami bisa dilaksanakan mulai tahun depan.

Read more...