Wed11262014

Last update07:25:14 PM

Lintas Jabar

JABAR SIAP TERAPKAN PROGRAM JAMPERSAL

BANDUNG (SINDO)- Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat dr.Alma Luciati mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera menjalankan program Jaminan Persalinan (Jampersal) bagi masyarakat yang tidak mempunyai jaminan asuransi apapun dan melahirkan di sarana persalinan.

Rencananya, program dari Kementrian Kesehatan RI ini akan diberlakukan pada pertengahan 2011.“Saat ini kami baru sosialisasi dulu ke masyarakat bahwa akan ada program jaminan persalinan untuk masyarakat. Masih ada perubahan, petunjuk teknis juga sedang dibenahi,”kata dia saat dihubungi SINDO kemarin. Menurut Alma, Dinkes Jabar akan menggiring masyarakat untuk tidak melahirkan di rumah tanpa bantuan tenaga medis. Sebab, persalinan yang berlangsung dirumah tanpa tenaga medis memiliki resiko tinggi atas kematian ibu dan anak. Dia menyebutkan,secara nasional baru 86% kelahiran yang ditangani oleh tenaga kesehatan.Karena itu, dengan adanya program Jampersal diharapkan dapat mencapai target 100% persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis.

“Melalui Jampersal,tahun ini ditargetkan harus 100%,”ungkap dia. Dia menjelaskan,nantinya program Jampersal ini akan mempermudah masyarakat yang tidak memiliki jaminan asuransi apapun untuk bisa melahirkan disarana persalinan. Biaya pengobatan Peserta Jampersal akan dijamin mulai dari hamil hingga melahirkan selama dilakukan di saranan persalinan yang sudah terstandar dengan tenaga medis yang terlatih. “Seperti Puskesmas ataupun rumah sakit pemerintah dan perawatan kelas tiga,”jelasnya. (masita ulfah)
AddThis Social Bookmark Button