Tue09022014

Last update08:17:47 PM

Lintas Jabar

Kapulaga Jadi Andalan Agribisnis Jabar Selatan

BANDUNG, (PRLM).- Kapulaga (Amomum cardamomum) merupakan salah satu andalan bisnis di Jabar Selatan. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sebanyak lima kabupaten/kota penghasil kapulaga terbesar di Jabar seluruhnya berada di selatan Jabar, yaitu Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, dan Cianjur. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Tanaman Jabar, dalam lima tahun terakhir, Jabar Selatan telah memberikan kontribusi sebesar 81 persen terhadap produksi kapulaga di Jabar.

"Kebutuhan terhadap tanaman tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun dan hal tersebut menyebabkan petani di daerah Jabar Selatan termotivasi untuk menanam komoditas tersebut," kata Kepala Seksi Produksi Tanaman Sayuran dan Biofarmaka (Tanaman Obat), Mien Pakih kepada "PRLM" di ruang kerjanya, Jln. Surapati, Bandung pada Selasa (13/11/12).

Mien mengatakan, produktivitas tersebut diperkirakan terus meningkat pada tahun ini. Sebabnya, beberapa kerja sama diselenggarakan dengan beberapa perusahaan jamu terkemuka. "Selain itu, beberapa program untuk meningkatkan produktivitas baik itu dari pemerintah pusat maupun daerah juga terus dilaksanakan. Diperkirakan, pada tahun ini produksi kapulaga Jabar mencapai angka 36 ribu ton dibandingkan pada tahun lalu yaitu 33,6 ribu ton," katanya. (A-207/A-88)

Sumber: Pikiran Rakyat Online - Rabu, 14 November 2012

AddThis Social Bookmark Button