Sat04192014

Last update10:14:16 PM

Lintas Jabar

Tahun ini, Jalan Lingsel Rampung

SUKABUMI (GM) - Pembangunan terusan jalan lingkar selatan (lingsel) segmen satu ruas Jln. Cibolang-Cipanengah sepanjang 6,9 km ditargetkan selesai tahun ini. Dengan demikian, secara bertahap kepadatan arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tersebut dapat teratasi.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Pemeliharaan Jalan (BPJ) Wilayah II Dinas Bina Marga Pemprov Jabar, Ir. H. Yeyet Hudayat ketika ditemui "GM" di kantornya di Jln. Bhayangkara, Kota Sukabumi, Rabu (28/3). Menurutnya, pihaknya optimistis rampungnya pembangunan jalan lingsel segmen satu akan mampu mengurai kemacetan dari arah Jakarta dan Bogor.

"Apalagi belakangan ini, khususnya di ruas Jalan Cisaat dan Rambay Kab. Sukabumi mulai ada tanda-tanda kemacetan. Paling tidak dengan adanya jalan lingsel akan mampu meminimalisasi kemacetan lalu lintas di jalan tersebut," katanya. Menurutnya, rampungnya pembangunan jalan lingsel akan mampu mengurai arus lalu lintas di perkotaan Sukabumi. Pasalnya kepadatan arus lalu lintas sampai saat ini masih bertumpu di pusat perkotaan Sukabumi.

Saat ini, katanya, pembangunan jalan alternatif ruas jalan Cibolang-Cipanengah sudah masuk tahap pengerasan. Tahap berikutnya akan dilakukan hotmix badan jalan. "Untuk tahap awal, pembangunan ruas Jalan Cibolang-Cipanengah akan dibangun satu lajur. Kemudian tahap berikutnya, dilanjutkan dengan pembangunan satu lajur, seperti ruas jalan lingsel segmen dua ruas Jln. Palabuhan dua-Simpang Baros yang sudah terbangun beberapa tahun lalu. Selain pembuatan jalan baru, lanjut Yeyet, di sepanjang ruas jalan lingsel itu telah dibangun beberapa konstruksi jembatan. Kini, baik pembangunan jalan maupun jembatan diperkirakan sudah mencapai 70 persen. (B.118)

Sumber: Harian Galamedia - Kamis, 29 Maret 2012

AddThis Social Bookmark Button